Kunjungan Sejarah SMK AK NUSA BANGSA

Diposting pada: 2018-10-20, oleh : SMK AK NB, Kategori: Agenda Sekolah

Assalamualaikum wr.wb

MENGENAL SEJARAH BANGSA LEWAT MUSEUM

 

Kunjungan siswa SMK AK Nusa Bangsa tanggal 17 oktober 2018, diikuti 174 siswa/i kelas X. Kegiatan pembelajaran diluar kelas untuk mengenal sejarah bangsa lewat museum. Diawali dengan berkunjung ke Museum Fatahillah, museum yang terletak di kawasan Kota Tua menjadi titik awal menelusuri sejarah bangsa  dari zaman prasejarah, era penjajahan sampai masa setelah kemerdekaan. Dengan dibantu 3 pemandu kita dibawa menyusuri satu demi satu ruangan pameran dengan seluruh koleksi benda sejarah yang ada, dari prasasti – prasasti, alat – alat – alat pertukangan zaman prasejarah, koleksi mebel antik, hingga mata uang bangsa kita yang pernah ada. Menariknya terakhir kita dibawa menyusuri penjara bawah tanah, penjara yang terlihat gelap dengan langit – langit yang rendah, suasana yang mencekam dan hawa yang tidak biasa sangat terasa. Mungkin karena dulu banyak tahanan yang meninggal di tempat ini.

 

Selesai dari Museum Fatahillah kita melanjutkan perjalanan ke Masjid Istiqlal. Masjid terbesar se-Asia Tenggara yang menjadi kebanggaan bangsa ini. Masjid yang mulai dibangun tahun 1951 dan selesai tahun 1978. Kita makan dan sholat disini, menikmati dan merasakan keindahan arsitektur masjid yang begitu indah dengan pilar – pilar yang kokoh yang menopang bangunan. Kita merasakan kenyamanan beribadah disini, bersujud menghadap-Nya mensyukuri seluruh nikmat yang telah Dia berikan.

 

Perjalanan kita belum selesai…. Masih ada satu tempat lagi yang kita kunjungi. Museum Nasional atau Museum Gajah. Museum dengan 4 lantai yang harus kita susuri lagi, tapi tenang tidak perlu takut kecapekan karena dari satu lantai ke lantai berikutnya terdapat eskalator yang menghubungkannya. Bahkan ada lift yang bisa kita pergunakan. Tpi kita pakai eskalator, karena jumlah rombongan kita yang banyak. Masuk kesini hanya boleh pake tas berukuran kecil, tas punggung tidak diperkenankan. Dengan dipandu 3 pemandu kita mulai telusuri satu demi satu lantai. Diawali dengan koleksi zaman pra sejarah, Fosil, tulang manusia, kehidupan zaman prasejarah ditampilkan disini. Dilanjutkan dengan koleksi gerabah, lampu hias, prasasti, miniatur kapal, miniature rumah, barang – barang kerajinan, dan masih banyak lagi. Berakhir di lantai 4 yang berisi koleksi barang – barang dari emas. Tapi ingat tidak boleh mengambil gambar alias berfoto disini. Mungkin karena koleksinya mahal kali yaaa… Perjalanan kita berakhir dilantai 4 ini. Tidak terasa waktu 2 jam kita habiskan dimuseum ini.

 

Waktu telah menunjukkan pukul 15.00, waktunya kami mengakhiri perjalanan hari ini, sebuah perjalanan panjang kami kali ini menyusuri sejarah bangsa, merasakan kejayaan bangsa besar ini dari masa ke masa. Terbersit rasa bangga dan syukur dalam hati menjadi bagian bangsa yang besar ini.

Semoga kami sebagai generasi penerus bangsa dapat selalu menjaga bangsa ini. Aamiin

Wassalamualaikum wr.wb


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id